Minggu, 07 April 2013

Membuat Gantungan Kunci Dari Ekor Tupai

Salam bediler....
kali ini saya ingin berbagi informasi tentatng pemanfaatan ekor tupai yang di dapat dari kegiatan berburu..
ok langsung saja saya jelaskan 
tanpa terpikirkan oleh kita,ternyata tupai yang kita anggap sebagai hama perusak tanaman dan pengganggu bagi  petani kelapa umumnya.
tetapi bagi kita yang ingin memanfaatkan ekor tupai dari hasil kegiatan beburu anda dapat membuatnya menjadi sebuah gantungan kunci yang dapat di jadikan pendapatan tambahan di samping pekerjaan tetap.
pengelolaannya silahkan..
pengolahan untuk membuat gantungan kunci dari ekor tupai ini cukup mudah dan tanpa modal besar

bahan - bahan yang di butuhkan :

  1. alkohol
  2. toples 
  3. ekor tupai yang telah di siapkan
caranya:
Pisahkan kulit tupai terlebih dahulu, kemudian pada bagian ekornya pisahkan tulang ekor dari kulitnya,lalu potong pada pangkal ekor karena yang kita butuhkan hanya ekornya saja.
selanjutnya cuci ekor tupai agar bersih,dan  tiriskan agar kering setelah kering rendam ekor tupai dengan alkohol dan media perendaman nya kita gunakan toplesdan tutup rapat hingga 5-6 hari perendaman dengan alkohol ini bertujuan untuk mengawetkan  ekor tupai agar tidak busuk saat tahap penjemuran dan saat di pakai sebagai gantungan.
.
Setelah tahap di atas di lakukan sekarang tahap penjemuran,
Setelah perendaman yang di lakukan selama waktu yang di butuhkan sekarang tahap pengeringan dengan cara di jemur.tetapi penjemuran tidak sembarangan karena jika sembarangan akan membuat hasilnya jelek.
sebelum penjemuran turuk ekor yang telah di rendam dengan lidi dari daun aren yang bertujuan agar ekor tupai tetap lurus ketika sudah kering.setelah itu langsung jemur di tempat yang mendapat panas matahari yang cukup dengan cara di gantung dan di jepit dengan jepitan baju pada pangkal ekornya. setelah ekor tupai sudah benar-benar kering cabut lidi aren dan buat gantungannya dari kawat atau dengan menang nilon juga bisa,gantungan kunci ekor tupai sudah bisa di gunakan sendiri dan di promosikan untuk di jual...

Untuk hasil yang sudah di pakai lihat ganbar berikut

 

Tetapi ada kelemahan dari gantungan kunci yang di buat dari ekor tupai ini yaitu dimana teksturnya masih keras dan berkesan kaku.. jika pembaca memiliki cara yang lebih bagus untuk menyempurnakan gantungan kunci dari ekor tupai ini silahkan tinggalkan komentar anda...

10 komentar:

  1. Ini saya baru dapet 19 ekor tupai di kebun kelapa sekitar rumah... Kbetulan ada yg pesen tupai 10rb/ekor jd saya ajak temen saya yang punya senapan angin.. Kurang dr 2jam udah dapet 19 ekor, sisanya masih banyak yg nyangkut di atas kelapa dan tidak diambil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klok yg masih hidup ada gk pengen punyk yg masih hidup

      Hapus
  2. Saya mau pesen kalo ada hub aj 081319844912

    BalasHapus
  3. Jemur a brapa hari bos dan . Tanda siap d pakai cara. Buat lobang d ekor nya gimana

    BalasHapus
  4. Kalo dari ekor musang caranya gimana....

    BalasHapus
  5. Selain pakai alkohol pakai apa boss

    BalasHapus