Minggu, 24 Maret 2013

Perbedan Yang di Timbulkan Oleh Alur Laras Senapan Angin

secara kasat mata tidak ada perbedaan antara senapan angin yang memiliki alur laras 8,9,10,atau 12. tetapi pengetahuan yang beredar di masyarakat awam,asalkan laras dari sebuah senapan angin memiliki alur laras yang memutar 1 lingkaran apabila di lihat dari chember(box peluru) yang dalam kondisi gerendel di lepas dari senapa,senapan ini sudah memiliki kualita yang baik untuk di gunakan. Tetapi kenyataannya ada beberapa perbedaan yang di timbulkan dari jumlah alur laras yang berbeda,Dari review pengalaman saya pribadi setelah pernah menggunakan senapan angin yang memiliki alur laras yang berbeda saya menemukan perbedaan dari setiap senapan yang berbeda  jumlah alur larasnya.
Ok langsung saja saya jelaskan...
  1. Laras alur 8, senapan ini berbeda dengan senapan yang memiliki alur laras 12,perbedaannya yaitu terletak pada jarak jangkau peluru dan lubang bukaan peluru yang di hasilkan,karena alurnya 8 maka peluru yang di keluarkan dari larasnya otomatis bersegi 8 maka jika mengenai sasaran maka akan menghasilkan lubang yang lebih besar daripada peluru yang di lesatkannya, dan kalau untuk masalah akurasinya senapan ini memiliki akurai yang kurang baik untuk menembak jarak jauh jika di bandingkan dengan yang memiliki alur 12,kana???? sebab alur larasnya yang sedikit membuat gaya gesek yang terjadi antara peluru dan laras lebih besar daripada yang memiliki alur laras 12 sehingga jarang jangkau dari tembakannya lebih pendek di bandingkan dengan senapan yang beralur laras 12.
  2.  Laras alur 9, senapan ini tidak jauh berbeda dengan senapan yang memiliki  laras beralur  8 karena lubang bukaannya juga nyaris tak berbeda namun laras ini memiliki kelebihan untuk daya tembus pelurunya lebih bagus  dari pada yang beralur 8 karena alur yang terdapat di dalam laras lebih rapat di bandingkan yang beralur 8.
  3. laras alur 12, laras yang memiliki alur laras yang berjumlah 12 laras yang seperti ini di katakan memiliki alur yang sempurna,sebab jumlah alurnya yang berjumlah 12 dapat menghasilkan  akurasi yang hebat serta jarak jangkau yang cukup jauh dan daya tembus yang lebih bagus lagi di bandingkan dengan yang berlaur 8 maupun yang beralur 9.sebab senapan yang memiliki alur 12 menghasilkan putaran yang stabil saat memuntahkan peluru sehingga menghasilkan akurasi yang bagus dan daya tembus yang bagus apabila mengenai sasaran tembak/hewan buruan,mengenai jarak jangkaunya yang lebih jauh itu di akibatkan karena gaya gesek yang di hasilkan laras beralur 12 lebih kecil sehingga angin/udara yang di fungsikan memdorong peluru keluar dari laras bisa mendorong peluru keluar dan melesat lebih cepat sehingga jarak jangkaunya pun otomatis  bisa lebih jauh.


Tinggalkan komentar anda jika ada kesalahan dalam penulisan informasi ini..

22 komentar:

  1. sama sama mas semoga bisa bermanfaat untuk sesama pehobby senapan angin

    BalasHapus
  2. Maaf Gan..!!!
    Mau numpang tanya..!!!!

    Saya sebagai orang awam, masih blom tau membedakan/menghitung "Alur" senapan.
    Apakah bisa kita ketahui/ bedakan sendiri..??

    Atau hanya berdasar pada info dari pembuat..?????

    Mohon infonya..!
    Mathur Thank You...!!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab,, coba copot laras dan beri cahaya pada salah satu ujung laras dan hitung garis yg terdapat dalam laras hasil sama dengan jumlah alur itu sendiri...trims

      Hapus
  3. maaf informasi bpk. salah.
    1. alur berpengaruh pada luas permukaan selimut dinding bag. dalam dari laras, sehingga dengan kedalaman grove yg sama laras yg. memiliki alur lebih banyak sebanding dengan penambahan luas selimut dinding bag. dalam lasar, sehingga memberikan kontak permukaan anak peluru dengan permukaan bag. dalam laras lebih besar selanjutnya berbanding lurus juga dengan gaya gesekan antara anak peluru dengan laras tentunya dengan perhitungan koeficien gesekan antara anak peluru dengan laras, dimana koeficien gesekan ditentukan oleh bahan laras dan bahan anak peluru serta kekasaran permukaan bahan dan kekerasan bahan, secara praktis semakin banyak alur dalam laras semakin tinggi hambatan yang ditimbulkan dan berakibat pada penurunan kecepatan anak peluru, tetapi laras dapat menuntun anak peluru lebih baik sehingga akurasi meningkat.
    2. twist atau jumlah putaran lintasan anak peluru persatuan panjang, secara praktis adalah banyaknya putaran anak peluru permeter lintasan, semakin besar angka twistnya akan memberikan pengaruh hambatan peluru lebih besar sehingga laju peluru menjadi lebih lambat, tetapi laras dapat memberikan kestabilan lebih baik pada anak peluru sehingga mengurangi efek lintasan spiral.
    3. dari kombinasi 2 hal tersebut diatas, maka kita dihadapkan pada pilihan, tergantung tingkat kepentingan dari peruntukan senapan itu sendiri.
    4. kesimpulannya kalau yang kita pilih adalah akurasi yang baik maka kita memilih pada laras beralur banyak dan angka twist besar, sedangkan kalau yang kita pilih daya rusak yang besar maka kita pakai laras yang beralur sedikit dan angka twist kecil.
    5. penjelasan: dalam perbandingan menggunakan kondisi yang sama; alur ada beberapa tipe yaitu roda gigi, bintang dan shape (semacam bentuk hexsagonal, pentagonal dsb); angka twist 1/2 adalan 1 putaran pada lintasan 2m, 1/1adalah 1 putaran pada lintasan 1 m (bhs jawa:luwih lenget/seser)

    BalasHapus
    Balasan
    1. numpang tanya nih buat para guru, sy punya senapan mini spring power cal 22 laras 30cm n mau ganti laras sebaiknya laras dgn alur n twist brp ya biasanya dipakai utk berburu tikus tx buat para guru.

      Hapus
  4. bener yg di katakan mas ibnu hakti wiyono, menhitung alur laras caranya suda di jelskan mas arya ifananda, saya hanya menambahkan saya cara lain yaitu dgn melihat guratan pada mimis yg di dorong keluar melalui laras.

    BalasHapus
  5. Gan numpang tanya klau laras panjang dengan power besar apa bisa lebih jauh dan akurasi di bandingkan laras pendek. Dengan alur yg sama.
    Mohon bantuan nya makasih

    BalasHapus
  6. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

    BalasHapus
  7. Permisi Gan mau tanya maksud dari Laras OD12, OD13, Apaan ya, apakah diameter laras,? Berarti semakin besar OD laras, semakin tebal pulpa dinding laras dan semakin kuat pula laras tersebut, jika benar demikian saya bermaksud mengganti laras senapan STLT milik saya dengan laras yang lebih besar dari ukuran standar, yang jadi masalah adalah bagaimana dengan serobongnya apakah muat dengan laras OD yang lebih besar, satu lagi apakah dengan menggati laras STLT bisa meningkatkan Power dan Akurasi,? terima jika berkenan menjelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. OD = OUT DIAMETER ( DIAMETER LUAR )
      Laras senapan STLT od 9 serobong od 13 jika anda mau ganti laras od 12 keatas maka serombong harus dilepas
      laras adalah tempat keluarnya mimis dengan dorongan angin yg tersimpan di dalam tabung angin jd jika kita ganti laras tidak berpengaruh pada power tetapi berpengaruh pada akurasi terganting panjang senapan dan alur senapan semakin besar alur semakin bagus akurasi laras.
      jika jawaban salah mohon di koreksi karena sesuai pengalaman saya pribadi

      Hapus
    2. Om punya aku laras alur 9 panjang ksluruhan 65 cm.. Kira2 peluru yg cocok apa ya.. Untuk jarak jauh.. Peluru lokal udh aku coba smua untuk jarak 50 meter akurasi mlah naik keatasas.. Jika power lemah oto matis akurasi turun.. Tapi yg sy coba akurasi mlah naik..

      Hapus
  8. Mantap Om . ... makasih banyak ya On informasinya ... Salam Satu Laras

    BalasHapus
  9. Mantaaaap diskusi nya, saya newbey ini soal sengin saya skg lagi coba sengin lokal merek fokus power n akuradi bagus 8x pompa 100mtr unk akurasi emprit -/+ 40 modar, barangkali ada pengalaman lain dr teman2 mengenai produk lokal anak bangsa monggo share

    BalasHapus
  10. Mantaaaap diskusi nya, saya newbey ini soal sengin saya skg lagi coba sengin lokal merek fokus power n akuradi bagus 8x pompa 100mtr unk akurasi emprit -/+ 40 modar, barangkali ada pengalaman lain dr teman2 mengenai produk lokal anak bangsa monggo share

    BalasHapus
  11. Om mo nanya bedanya 1,5 putaran sama 2 putaran, pengaruh pada akurasi mading masing gimana?

    BalasHapus
  12. ganti warna tulisannya puyeng bacanya mata perih

    BalasHapus
  13. Bro kalo mo make laras od lebih dari 9mm untuk stlt tetap mesti dilepas srobongnya

    BalasHapus
  14. Salam bediler mania,ane mau ganti laras senapan ane canon 747 long,karna menurut ane alur laras canon 747 dangkal jadi klon mompanya 3 kali masih ok akurasinya,tapi klo mompanya diatas itu akurasi jadi ngaco jadi menurut ane mimisnya slip.nah rencana mau ganti laras dg yg alur 12 milik stlt (copotan) yg mau ane nanya kepada sobat bediler sekalian,kira-kira sama ngga posisi lubang tranver antara fanon 747 dgn stlt.mungkin sobat bediler skalian udah ada yg pernah coba atau pernah ngebandingin, mohon pencerahannya para master

    BalasHapus
  15. Om mau tanya nih.pemula.
    Senapan mouser,laras od 8 d ganti od 13 bisa nggak..?

    BalasHapus